Bencana Longsor di Pacitan Tewaskan Satu Keluarga

Bencana Tanah Longsor. (Foto ilustrasi).

tajukonline.com – (8/12/2018) Sebuah rumah rata dengan tanah. Empat penghuni rumah ditemukan tewas di lokasi kejadian akibat tertimbun material longsor, Jumat, 7 Desember 2018. Kondisi korban yang tertimbun di dasar tanah membuat proses evakuasi berlangsung lama.

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI, Polri, Basarnas, serta relawan terus melakukan pencarian korban yang diduga tertimbun tanah longsor. Material longsor berupa bebatuan dan tanah tersebut menerjang rumah hingga rata dengan tanah. Tak ada satu pun barang milik korban yang dapat diselamatkan.

Bacaan Lainnya

Satu keluarga yang tinggal di RT 2/ RW 2 Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebon Agung, Pacitan, tersebut bahkan tertimbun material longsoran.

Empat korban dalam satu keluarga ini adalah pasutri Misgiman 62 tahun, istrinya Sogirah 46 tahun, kemudian Bogiyem 72 tahun, serta Katinem 58 tahun. Keempat korban tewas akibat tertimbun longsor setelah wilayah ini diguyur hujan deras selama berjam-jam.

Korban pertama ditemukan sesaat proses evakuasi berlangsung. Tak lama kemudian menyusul Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi dua korban.

Proses evakuasi keempat korban menemui kendala dan harus menggunakan alat berat. Sebab, posisi korban tertimbun sedalam tiga meter dari ketinggian material longsoran. Selain itu, potensi longsor susulan dari atas tebing di ketinggian lebih dari 10 meter itu sangat tinggi.

Keempat korban akhirnya berhasil ditemukan empat jam kemudian setelah ratusan relawan dan satu alat berat diterjunkan di lokasi. Sementara, seluruh korban diserahkan kepada pihak keluarga dan rencananya akan langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Laporan: Agus Wibowo/ tvOne.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *