Ini Cara Pasang Router di Rumah yang Benar Biar Sinyal WiFi Kencang

Ilustrasi Router

tajukonline.com – (10/12/2018) Posisi pelatakan perangkat router di dalam ruangan akan sangat menentukan kecepatan sinyal jaringan Internet yang dipancarkan.

Router pun harus dipilih sesuai dengan luas tempat karena setiap routermemiliki fungsi dan ukuran yang berbeda.

Jika tempat tersebut punya luas kurang dari 140 meter persegi, maka cukup dengan satu akses titil nirkabel.

Lalu, apabila router telah berumur beberapa tahun, harus juga diperbarui ke model terbaru dengan dukungan 802.11 dan dua-band nirkabel.

Berikut beberapa tips yang dikutip dari CNET untuk meletakkan router yang benar supaya jaringan Wifi bisa kenceng seperti:

Jangan letakkan di sudut rumah

Jika memasang router di sudut rumah, maka sinyal akan lebih banyak berada di luar rumah. Oleh karena itu, letakan router ke titik pusat untuk mengoptimalkan sinyal dan dipasang setinggi mungkin untuk memaksimalkan jangkauan karena pola penyebaran sinyal yang cenderung vertikal.

Router bisa ditempatkan di atas rak buku ataupun dinding rumah yang nggak mencolok.

Jauhkan dari alat elektronik

Tips yang kedua yaitu dengan mencoba untuk memilih lokasi yang jauh dari alat elektronik dan benda-benda logam besar lainnya.

Semakin banyak dinding, penghalang besar dan elektronik di dekat router, maka semakin tinggi kemungkinannya ada sesuatu yang akan mengganggu sinyal.

Salah satu elektronik yang secara khusus dihindari adalah microwave karena memancarkan sinyal kuat hingga 2.4GHz.

Atur posisi antena router

Pengaturan posisi antena router juga penting karena posisi antena dapat mempengaruhi kualitas jaringan internet yang dihasilkan. Jika ada beberapa antena di router, maka atur posisinya dengan baik.

Jangan posisikan antena router ke arah yang sama. Buat arah antena tegak lurus satu sama lain baik secara vertikal ataupun horizontal. Hal ini dilakukan agar jaringan internet dapat menutupi berbagai sudut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *