Tes Baca Alquran untuk Capres, PKS: Lakukanlah Secara Terbuka, Siapkan Penguji yang Berijazah

Hidayat Nur Wahid - Wakil Ketua MPR RI

tajukonline.com – (01/01/2019) Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid angkat bicara tentang usulan memasukkan materi membaca Alquran dalam debat kandidat presiden dan wakil presiden 2019 mendatang.

Hidayat Nur Wahid menyarankan jika menginginkan adanya tes baca Alquran lebih baik dilakukan secara terbuka.

Bacaan Lainnya

“Menuju pilpres, ada yang usulkan tes baca Alquran untuk capres. Sebagaimana tes umumnya, hasilnya bisa lulus sebagian/semua,atau tidak lulus sebagian/semua. Kalau akan dilaksanakan, lakukanlah secara terbuka, siapkan penguji yang ber ”ijazah” dalam qiraat Alquran dan berani buat keputusan yang benar,” kata @hnurwahid melalui Twitter, Senin (31/12/2018).

Usulan tersebut datang dari Dewan Ikatan Dai Aceh. Mereka berharap hal tersebut dapat menyudahi politik identitas yang marak belakangan ini.

“Untuk mengakhiri polemik keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Al Quran kepada kedua pasangan calon,” kata Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Da’i Aceh Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh sebagaimana laporan Antara.

Tes membaca Al Quran diusulkan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada tanggal 15 Januari 2019.

Di tengah polemik, Sandiaga Uno menyatakan siap mengikuti debat yang akan dimulai 17 Januari 2018, termasuk kalau Komisi Pemilihan Umum memasukkan materi membaca Al Quran.

“Kita ikut saja arahan KPU seperti apa. (Baca Alquran) kita siap. Soal moderator kita juga ikut KPU,” kata Sandiaga Uno di Solo, Minggu (30/12/2018).

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, menyambut baik usulan tes baca Al Quran. “Ini imbauan yang baik dan bagus jika dijalankan.”

Tetapi, Mardani Ali Sera menyerahkan keputusan kepada KPU.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga, memastikan Jokowi-Ma’ruf Amin siap memenuhi undangan tes baca Al Quran dari Ikatan Dai Aceh.

“TKN, menyatakan Pak Jokowi siap menerima tawaran yang diberikan kawan-kawan Ikatan Dai Aceh,” kata Arya Sinulingga. “Kita yakin Pak Jokowi siap dan menyatakan kesiapannya untuk menerima undangan dari kawan-kawan Ikatan Dai Aceh. Intinya siap.”

Arya Sinulingga mengatakan tidak akan mempersoalkan kalau nanti kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta tes baca Al Quran dilaksanakan secara tertutup.

“Kalau kubu Prabowo meminta, misalnya, dibuat tertutup dan hanya didengarkan oleh para juri, itu pun kita bersedia,” kata Arya Sinulingga. []

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.