Tiga Bulan Jelang Pilpres, Jokowi Masih Ungguli Prabowo di Survei

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, memaparkan survei capres.

tajukonline (8/1/2019)¬†Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo, dan pasangannya, calon wakil presiden Ma’ruf Amin, mengungguli pasangan Capres-cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam survei Indikator Politik Indonesia. Hasil survei dipaparkan pada Januari 2019, atau tiga bulan sebelum pemungutan suara pada April nanti.

“Bila pemilihan presiden diadakan sekarang, Jokowi masih unggul atas Prabowo Subianto,” ujar Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi di kantor Indikator, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2019.

Bacaan Lainnya

Adapun, menurut Burhanuddin, Indikator menemukan Jokowi-Ma’ruf dipilih 54,9 persen responden. Sementara, Prabowo-Sandi dipilih 34,8 persen responden. Hanya 9,2 persen responden yang belum menentukan pilihan, dan 1,1 persen responden lain mengaku tidak mau memilih atau golput.

“Proyeksi perolehan suara kedua paslon sendiri meningkat,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyampaikan, Indikator juga menemukan responden yang menyatakan belum menentukan pilihan atau undecided voters jumlahnya menurun dibanding saat survei sebelumnya digelar pada Oktober lalu. Di sisi lain, meski proyeksi perolehan suara kedua paslon meningkat, Indikator menemukan peningkatannya terbilang tidak signifikan.

“Secara statistik, dinamika dalam tiga bulan terakhir tidak signifikan,” ujar Burhanuddin.

Survei digelar dengan metode wawancara terhadap 1.220 responden yang mewakili seluruh populasi Indonesia pemilik hak suara. Pelaksanaannya adalah 16 hingga 26 Desember 2018. Pemilihan responden dilakukan secara random (multistage random sampling) dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Ada juga quality control yang dilakukan dengan mendatangi lagi 20 persen responden, tanpa ditemukannya kesalahan pengumpulan data yang berarti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *