Digawangi Putra Gus Sholah, BAGUSS Deklarasi Dukung Jokowi – Ma’ruf Amin

http://tajukonline.com – (11/1/2019) Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss Bersatu) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Ketua Presidium Baguss Bersatu, Ipang Wahid, menilai paslon 01 paling memihak kepentingan ulama dan umat.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin melanjutkan perjuangan ini ke tingkat nasional. Makanya kita mendukung Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf Amin,” ujar Gus Ipang di kediaman Ma’ruf Amin, Menteng, Jakarta, Selasa (8/1).

Baguss Bersatu, kata dia, merupakan jaringan anak kiai dan santri. Organisasi itu mencakup peserta dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jawa Timur, pimpinan Gus Solah hingga ke pesantren-pesantren lain di Indonesia.

Gus Ipang menyebut pihaknya akan merangkul santri dan alumni ponpes di seluruh Indonesia.

“Sekarang (cakupannya) sudah di DKI. Insya Allah minggu depan ke Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten,” bebernya.

Ma’ruf Amin mengapresiasi dukungan itu. Dia menilai merapatnya barisan cendekiawan Islam punya dampak langsung yang signifikan, terutama dalam menyosialisasikan capaian pemerintahan Jokowi selama ini.

Menurutnya, organisasi itu mewakili umat Islam di Indonesia, terutama mereka yang sejak dini belajar di puluhan ribu pondok pesantren di Tanah Air.

“Ini adalah pertanda semakin besarnya elektabilitas dukungan kepada Pak Jokowi dan saya di Pilpres 2019,” kata Ma’ruf Amin.

Sebelum menerima dukungan, Ma’ruf Amin dan Baguss Bersatu mengadakan salat Subuh bersama dan pengajian. Hal itu jamak dilakukan ketika Kiai Ma’ruf Amin menerima dukungan dari kiai dan ulama dari berbagai daerah.
Sehari sebelumnya, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lebak, Banten, yakin Jokowi-Amin akan mendapat dukungan nyata dari ulama, kiai, dan santri.

“Kita secara organisasi di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) tentu mendukung KH Ma’ruf Amin,” kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lebak Ade Bujhaerimi.

Masyarakat Kabupaten Lebak yang begitu religius terhadap ajaran Islam tentu sangat patuh terhadap figur ulama dan kiai. Bahkan, kata dia, masyarakat merasa senang dan bangga jika ulama dan kiai bersilaturahim ke rumah.

“Kami optimistis kiai, ulama, dan santri akan mendukung KH Ma’ruf Amin yang juga Ketua MUI Pusat,” tukasnya.(unsur tajuk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *