Membaca Gestur Tubuh Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat

Capres-Cawapres 01 Joko Widodo-Maruf Amien dan Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saling bersalaman usai Debat Perdana Capres dan Cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

http://tajukonline.com – (18/1/2019) Saat debat perdana calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 yang diikuti Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dapat melihat bahasa tubuh atau gestur ketika debat.

Monica Kumalasari, pakar bahasa tubuh atau gestur tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman, mengupas bahasa tubuh dua pasang calon pemimpin Indonesia periode 2019-2024.

Bacaan Lainnya

Raut wajah

“Mata itu jendela jiwa, dari sisi Jokowi terlihat alisnya bergerak turun naik ketika dia mau mengatakan penegasan,” kata Monica seperti dilansir Antaranews.com, Kamis (17/1/2019).

Pada Prabowo, yang terlihat adalah peningkatan kedipan mata yang lebih cepat dari biasanya. Penyebabnya bisa jadi dua hal yang berbeda.

“Bisa stres, bisa juga udaranya dingin sekali jadi (berkedip) untuk membasahi mata,” katanya.

Ada perubahan gaya dari Jokowi dan Prabowo dalam debat perdana ini.

Jokowi yang biasanya santai jadi lebih tegas, sementara Prabowo jadi lebih kalem.

Para kandidat punya cara yang berbeda dalam menegaskan suatu argumen.

Prabowo cenderung mengekspresikannya lewat gerak tangan menunjuk-nunjuk, sedangkan Jokowi menandakannya dengan mengulang-ngulang kata tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *