Rahasia Tayangan Bersama, Drama Encounter Yang Disiarkan Serentak

Poster Drama Encounter yang dibintangi Song Hye Kyo dan Park Bo Gum yang disiarkan t bersama televisi tvN Korea Selatan dan TransTV Indonesia mulai 7/1/2019.

https://tajukonline.com(20/1/2019)- Sejak diputar perdana oleh stasiun TransTV 7/ 1/ 2019 drama Encounter ini banyak menyita perhatian para penggemar drama Korea yang terbaru ini apalagi drama yang dibintangi Song Hye Kyo dan Park Bo Gum ini disiarkan dalam waktu yang bersamaan antara stasiun televisi tvN Korea Selatan dengan TransTV Indonesia.

Selain itu juga dibintangi oleh aktor papan atas Korea Selatan lainnya.  Drama ini juga dibintangi artis papan atas lainnya seperti Park Jin Joo, Go Chang Seok, Shin Jung Keun, Moon Sung Geun serta personel boyband group BLOCK B, P.O.

Bagaimana caranya?

Drama yang diputar dari host broadcast tvN Korea Selatan menggunakan rundown yang juga dikirimkan ke Indonesia untuk pengalokasian durasi atau pembagian segmen per segmen yang sama.  Walaupun dari sisi pembagian waktu tidak sama tetapi tidak menjadi kendala karena selain dari sisi rundown juga menggunakan komunikasi, by phone atau komunikasi lainnya.

Materi yang tayang dipancarkan atau uplink melalui satelit atau FO (fiber optic) dan diterima di TransTV atau istilahnya downlink berikut dengan parameternya.  Receiver dari satelit/ FO tersebut kemudian disinkronisasikan menggunakan frame sync sebelum masuk on air operation baik itu melalui Distributor Amplifier maupun secara langsung.

Materi yang masuk ke on air tersebut kemudian diolah dengan CG (character generator) atau template, logo- logo dan materi iklan dan promo. Setelah lengkap dari on air kemudian dikirim distributor untuk kemudian dikirim ke satelit/ FO atau pemancar teresterial. Itu adalah gambaran jika benar tayangan tersebut live dari on air dari Korea.

Bagaimana jika tidak siaran langsung (live playout) dari On air Korea?

Jika slot tayangan di Korea tiba- tiba tidak menayangkan drama tersebut tetapi di TransTV masih tetap menayangkan maka kemungkinan ada 2 cara untuk menanyangkan drama tersebut.

Cara pertama adalah drama tersebut dilakukan feeding atau rekaman dulu di TransTV pada waktu sebelum jam tayangan tesebut berlangsung atau TV tersebut tetap menayangkan drama tersebut yang materinya langsung masuk ke satelit/ FO.  Tetapi tayangan tersebut hanya play back dari output distribusi ke pemancar, FO atau satelit.

Cara kedua adalah dengan tetap play dari Korea namun tidak menggunakan main output (keluaran utama) program switcher namun hanya menggunakan salah satu routing switcher dengan durasi dan panduan break yang sama dengan TransTV.

Drama ini tayang hari Senin sampai Jumat mulai pukul 18.00. Drama Encounter ini bercerita  kisah seorang perempuan bernama Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) yang tak pernah tinggal sendirian dan seorang pria yang hidup bebas bernama Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum).  Park Bo Gum pernah meraih Top Excellence KBS Drama Awards 2018 dan Highest Award Korea Tourism Awards 2017 sedangkan Song Hye Kyo pernah meraih Best Cuople KBS Drama Awards 2016 dan President Award 7th Korean Culture & Art Awards 2016.

Menurut Nielsen Korea,  drama Encounter mencatat pencapaian puncak 11,9% dalam jumlah penonton dan berhasil meraih rating terbaik dari semua jaringan kabel.  Target pemirsa TVN dari kisaran usia 20- 40 tahun drama ini menandai rata-rata pemirsa sebesar 6,3%.

.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *