Cristiano Ronaldo Bisa Melompat Setinggi 2,56 Meter, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, Mencetak gol ke gawang Sampdoria pada laga Serie A 2019 di Stadion Luigi Ferraris, Rabu (18/12). Juventus menang 2-1 atas Sampdoria. (AP/Luca Zennaro)

http://tajukonline.com – (31/12/2019) Cristiano Ronaldo mencetak gol spektakuler saat Juventus menundukkan Sampdoria pada lanjutan Serie A pekan ke-17, Kamis (19/12/ 2019) dini hari WIB. Bermain di Stadion Luigi Ferraris, Bianconeri menang dengan skor 2-1.

Sepasang gol Nyonya Tua masing-masing dicatatkan Paulo Dybala (19′) dan Cristiano Ronaldo pada akhir babak pertama. Gol Ronaldo pada laga tersebut sangat sensasional karena ia melompat sangat tinggi sebelum melakukan sundulan.

Bacaan Lainnya

dilansir dari The Sun, Kamis (19/12/2019), tinggi lompatan Cristiano Ronaldo dalam laga tersebut mencapai 2,56 meter. Aksi Ronaldo tersebut langsung mengundang decak kagum.

Tak sedikit yang memberikan pujian untuk pesepak bola berusia 34 tahun itu. Termasuk sang pelatih Maurizio Sarri.

Cristiano Ronaldo memang dikenal memiliki segudang senjata untuk mencetak gol. Ya, eks pemain Real Madrid tak hanya piawai mencetak gol dengan kakinya melainkan juga anggota tubuh lainnya.

Satu di antara keterampilan mencolok yang dimiliki kekasih Georgina Rodriguez ialah lompatan yang begitu tinggi. Tak jarang Ronaldo melakukan aksi tersebut saat berada di lapangan.

Kondisi tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaminana Cristiano Ronaldo bisa melakukan lompatan tinggi? Apakah hal tersebut merupakan kemampuan alamiah atau keterampilan yang ia latih?

Penjelasan Ilmiah

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, Mencetak gol ke gawang Sampdoria pada laga Serie A 2019 di Stadion Luigi Ferraris, Rabu (18/12). Juventus menang 2-1 atas Sampdoria. (AP/Luca Zennaro)

Pada 2011, para ilmuwan pernah mengecek kondisi fisik Cristiano Ronaldo yang diabadikan dalam sebuah film dokumenter “Ronaldo: Tested To The Limit”. Dengan teknologi yang mumpuni, tubuh Ronaldo dianalisis untuk mendapatkan yang memengaruhi lompatan Ronaldo.

Dari hasil penelian yang dilakukan para ilmuwan tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan. Eks pemain Manchester United itu ternyata memiliki lemak tiga persen lebih sedikit ketimbang supermodel.

Ronaldo juga mempunyai lingkar paha 61,7 cm. Bahkan, Ronaldo bisa berlari sejauh 25 meter dalam waktu 3,61 detik, ia hanya 0,3 detik lebih lambat dari pelari cepat profesional.

Kondisi tersebutlah yang membuat Ronaldo bisa melompat begitu tinggi. Dengan bentuk tubuh seperti itu, Ronaldo bisa melompat setinggi 44 cm ketika dalam keadaan diam. Sangat biasa. Lompatan itu diukur dari permukaan tangah sampai telapak kakinya.

Namun, saat bermain di lapangan Ronaldo tentunya jarang melakukan lompatan dalam kondisi diam. Apabila dalam kondisi berlari dan ditopang otot tungkai yang kuat, Ronaldo bisa melompat hingga 78 cm. Luar biasa. Lompatan itu juga diukur dari permukaan tanah sampai kakinya.

Jadi, jika tinggi Ronaldo 1,87 meter; maka saat melompat maksimal mencapai 2,65 meter. Lompatan ini diukur dari permukaan tanah hingga kepala Ronaldo.

Lompatan itu lebih tinggi dari yang dicatatkan Ronaldo saat mencetak gol melawan Sampdoria.

Catatan tersebut juga lebih tinggi dari lompatan yang dilakukan para pemain NBA. Para pebasket biasanya hanya mampu melompat setinggi 71 cm (dari permukaan tanah sampai kaki).

Selain itu, gaya Ronaldo dalam mendorong tubuhnya ke atas hampir mencapai 5g atau mirip dengan yang biasanya dilakukan astronot saat lepas landas.

Sederet data tersebut tentunya ditunjang dengan teknik lompatan dan waktu yang tepat. Wajar tentunya jika Ronaldo kerap melakukan lompatan yang tinggi saat akan menyundul bola, seperti golnya ke gawang Sampdoria.

Sering Melakukannya

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melakukan tendangan salto saat melawan Juventus pada laga Liga Champions di Stadion Allianz, Turin, Selasa (3/4/2018). Juventus kalah 0-3 dari Real Madrid. (AFP/Alberto Pizzoli)

Cristiano Ronaldo tak hanya sekali melakukan lompatan tinggi saat mencetak gol. Ia juga pernah melakukannya saat bermain bersama Real Madrid.

Kala itu, pada babak 16 besar Liga Champions 2012/2013 melawan Manchester United, Ronaldo mencetak gol penyama kedudukan dengan melompat tinggi demi mendapatkan bola yang siap dihalau Patrice Evra.

Sambil melentingkan tubuhnya, Ronaldo langsung menyundul bola sambil mengelabui Evra yang tak menggapai bola. Kemudian pada musim 2017-2018, Ronaldo kembali melakukannya saat mencetak gol salto spektakuler ke gawang klub yang kini ia bela, Juventus.

Tak banyak yang mengira, Ronaldo bisa melakukan aksi tersebut lantaran bola yang dikirim bek sayap El Real, Dani Carvajal, cukup tinggi dan tak mampu dijangkau pemain belakang Nyonya Tua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *