12 Ribu Banser NU Akan Ikuti Puncak Perayaan 1 Abad NU Di Sidoarjo

Jakarta || TAJUKONLINE – Sebanyak 12 ribu barisan serba guna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) akan ikut memeriahkan puncak perayaan 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Koreografi ini disiapkan khusus oleh seniman Denny Malik.

Seniman Denny Malik tanpa pikir panjang langsung menerima tawaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk membuat koreografi 12 ribu Banser pada Puncak Resepsi 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo. Sebagaimana dilansir dari laman NU, Sabtu (28/1/2023) Denny Malik mengungkap dirinya adalah fans NU sehingga ia senang mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam event ini.

Bacaan Lainnya

“Pertama kali waktu saya diminta itu karena saya fansnya NU, saya fans berat NU, pendukung NU, pokoknya dengan NU nyaman,” kata Denny Malik.

Lebih lanjut, Denny Malik menganggap semua tawaran penampilan untuknya adalah sebuah tantangan. Terlebih penampilan yang maha besar ini, 12 ribu Banser yang notabene bukan profesional dalam dunia seni, dengan segala usia pula.

“Pasti tantangan. Setiap event itu tantangan. Apalagi ini bukan profesional dan datang dari segala umur,” ujarnya.

Tantangannya adalah bagaimana membuat belasan ribu penari yang bukan profesional ini tetap kompak dengan gerakan yang harus sesuai dengan segala usia.

“Di sini Banser semua umur, dari yang muda sampai yang sudah beruban. Lucunya semua umur, pertama kali buat, saya melatih semua umur 20 sampai 60-an. Banser yang mana bukan penari,” beber Denny Malik.

Dalam kesempatan ini juga Denny Malik menyampaikan sedikit bocoran terkait konsep koreografi yang akan dibawakan belasan Banser ini. Meskipun proses latihannya tidak mudah, tapi ia yakin setiap gerakan dari koreografi ini memiliki makna.

“Konsepnya persatuan dan kesatuan adalah kekuatan, untuk satu segmen itu gerakan harus entertaining juga,” kata Denny Malik.

Tanggapan Pengisi Acara Lain

Selain Denny Malik, sederet pengisi acara lainnya juga sudah mempersiapkan rencana matang. Termasuk komposer Addie MS yang awalnya terkejut ketika diminta terlibat dalam puncak perayaan 1 Abad NU.

“Saya bangga dipercaya ikut berperan dalam perayaan 1 Abad NU. Istimewa sekali buat saya. Musik simfoni biasanya dipakai di luar tradisi Islami, padahal kesenian itu tak ada agamanya. Seperti pohon cemara tak punya agama, biola juga tak juga beragama, kenapa enggak digunakan untuk dimanfaatkan,” ujar Addie MS.

Addie MS juga mengatakan dirinya sudah menyiapkan puluhan bahkan seratus orkestra dan paduan suara yang terdiri dari ratusan orang. Semua disiapkan matang untuk momen perayaan 1 Abad NU.

Perhelatan puncak resepsi 1 Abad NU rencananya akan digelar pada 7 Februari 2023 mendatang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak juga artis dan musisi yang akan tampil. Artis yang hadir dalam harlah 1 Abad NU, antara lain Bang Haji Rhoma Irama, Cak Lontong, Slank, Maher Zain, Woro Widowati, Addie MS, Denny Malik, Tohpati Ario Hutomo, Dewa Bujana, Kikan Namara, Qasimal Anisa Rahman, dan Akbar Kobar.

Sumber : detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.