Sebanyak 21 Rt Di Jakarta Terendam Banjir

JAKARTA || TAJUKONLINE – Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu (26/2/2023) malam menyebabkan banjir di 21 Rukun Tetangga (RT).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merinci puluhan RT terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 30 hingga 80 cm.

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 17 RT dan 3 ruas jalan tergenang, saat ini menjadi 21 RT atau 0,069% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” jelas Kepala Pusdatin BPBD DKI, M Insyaf dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Insyaf mengungkapkan, wilayah yang tergenang tersebar di Jakarta Barat sebanyak 11 RT, Jakarta Selatan 2 RT, dan Jakarta Timur sebanyak 8 RT.

“Penyebab banjir karena curah hujan tinggi akibat luapan Kali Item, Kali Krukut, dan Kali Ciliwung,” ucapnya.

Lebih lanjut Insyaf mengatakan, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat.

Para petugas yang diterjunkan akan melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

“Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tukasnya.

RED

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *