Jaga dan Amankan Kondusifitas Wilayah, TNI-Polri se-Eks Karesidenan Banyumas gelar Apel Jam Pimpinan

Purwokerto || TAJUKONLINE – Berlangsung di Alun-alun Purwokerto, ribuan personel TNI-Polri se-Eks Karesiden Banyumas lakukan apel Jam Pimpinan dalam rangka tingkatkan soliditas TNI-Polri dalm mengawal dan menjaga kondusifitas wilayah. Selasa (14/3/2023).

Apel jam Pimpinan dipimpin langsung Danrem 071/Wijayakusuma Kolone Inf Yudha Airlangga, S.E, dengan didampingi Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, S.I.K., M.Si. Turut hadir pula dalam acara tersebut Danlanal Cilacap, Ka SPN Polda Jateng, Kapolresta Banyumas, Danlanud Jenderal Sudirman Purbalingga, Dandim jajaran Korem 071/WK yang berada diwilayah eks karesidenan Banyumas, Danyonif 405/Suryakusuma, Donyonif 406/Candrakusuma, Dayon D Pelopor Satbrimob Polda Jateng dan para Dan/Ka Balakaju Kodam IV/Dip yang berada di wilayah eks karesidenan Banyumas.

Kegiatan Apel jam Pimpinan diikuti personel gabungan dari unsur TNI – Polri, diantaranya dari Korem 071/Wijayakusuma dan satuan jajarannya yang ada di wilayah se-Eks Karesidenan Banyumas yakni Kodim 0701/Banyumas, Kodim 0702/Purbalingga, Kodim 0703/Cilacap, Kodim 0704/Banjarnegara, disamping itu satpur dari jajaran Brigif-4/Dewa Ratna yakni Yonif 405/Surya Kusuma, Yonif 406/Candra Kusuma, dan jajaran kepolisian terdiri dari Yon D Pelopor Satbrimob Polda Jateng, Polresta Banyumas, Polresta Cilacap, Polres Purbalingga dan Polres Banjarnegara.

Kegiatan tersebut, merupkan tindak lanjut setelah dilaksanakannya kegiatan serupa secara serentak diseluruh wilayah Jawa Tengah yang digelar pada hari Selasa 7 Maret 2023 yang lalu.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan senergitas dan kemampuan TNI-Polri di wilayah eks karesidenan Banyumas dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keamanan wilayah eks karesidenan Banyumas dalam menyongsong tahun politik 2024.
“ Kegiatan Apel Jam Pimpinan TNI-POLRI yang kita gelar saat ini adalah merupakan wadah untuk menyamakan visi dan persepsi sebagai wujud kesiapan Prajurit TNI-POLRI dalm rangka melaksanakan tugas pengamanan wilayah eks karesidenan Banyumas”, terangnya.

“Kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2024 mendatang akan digelar pesta demokrasi yang tahapannya sudah dimulai ditahun 2023 ini, sehingga kita selaku aparat TNI-POLRI harus Solid dan Kompak dalam mengawal dan mengamankan pesta demokrasi tersebut agar terselenggara dengan baik, aman dan lancar,” tambahnya.

Kegiatan Apel Jam Pimpinan TNI-POLRI yang digelar tersebut mengambil tema “TNI-POLRI Jawa Temngah hadir siap mendukung agenda Nasional, Internasional tahun 2023 dan Pemilu 2024, dalam rangka peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”.

Selaras dengan tema tersebut Danrem 071/Wijayakusuma juga menyampaikan agar aparat TNI-POLRI diwilayah eks karesidenan Banyumas senantiasa membangun sinergitas dengan Setakholder guna bersama-sama menciptakan kondisi aman diwilayah. “Mari kita jalin sinergitas dengan Steakholder dan melaksanakan patroli di wilayah masing-masing dalam rangka meminimalisir ganguan Kamtibmas, terutama pada daerah-daerah rawan sehingga dapat tercipta stabilitas keamanan wilayah eks karesidenan Banyumas yang kondusif sehingga dapat mendukung pemulihan, kelancaran dan meningkatkan roda perekonomian pasca pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula, Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fanny Ani Sugiharto, S.I.K., M.Si., menekankan beberapa point sebagai pedoman pelaksanaan tugas segenap personel yang salah satunya dalam setiap melaksanakan tugas bersama harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab, koordinasi dan bekerjasama serta jangan saling menjatuhkan satu dengan yang lainnya atau ego sentris.

“Tunjukkan kepada masyarakat, bahwa TNI-Polri selalu siap dan ada ditengah mereka untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam masyarakat berkehidupannya”, pungkasnya.

RED

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.