Dualisme antara Melanjutkan atau Tidak Pembangunan IKN di Kubu Anies-Muhaimin

JAKARTA || TAJUKONLINE – Juru bicara Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin, Surya Tjandra membenarkan adanya dualisme atau perbedaan pandangan terkait isu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam pihaknya.

Hal itu disampaikan Surya Tjandra dalam program Gaspol Kompas yang ditayangkan di kanal YouTube pada Selasa (19/12/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem cenderung melanjutkan pembangunan IKN dengan pertimbangan dialog. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tegas menolak pembangunan IKN.

“Karena memang harusnya tidak monolog, harus ada dualisme bahkan lebih (terkait pembangunan IKN) supaya kita ada diskusi baru,” ujar Surya.

Surya Tjandra lantas mengatakan, dualisme pernyataan itu membuka diskusi baru. Ia mengungkapkan, Anies sendiri tidak keberatan PKS menolak secara tegas pembangunan IKN.

Meskipun, PKB dan Partai Nasdem mendukung pembangunan IKN dengan beberapa catatan.

“Karena apa, justru kita harus memperluas spektrum perdebatan. Memang kesimpulannya nanti enggak musti satu,” kata Surya.

Untuk Anies, Surya menyebut bahwa calon presiden (capres) nomor urut 1 itu juga memilih jalan tengah terkait kemungkinan melanjutkan IKN. Sebab, dinilai perlu mempertimbangkan untuk mendengarkan masyarakat yang terdampak pada pembangunan ibu kota baru tersebut.

Oleh karena itu, ia mengatakan, kubunya belum tegas menolak atau melanjutkan pembangunan IKN. Tetapi, wacana pemindahan ibu kota negara memang harus dibicarakan lebih lanjut.

“Belum tentu (melanjutkan atau menolak), tapi kalau dari analisis sekarang, ya minimal kita tunda dulu (pembangunan) untuk mendiskusikannya (lagi),” ujar Surya Tjandra.

“Barangkali yang ingin Pak Anies sampaikan, dia ingin mendiskusikan ini dulu. Karena boleh jujur partisipasi kurang, rakyat tidak ditanya setuju enggak, atau detil risiko yang mungkin dan pasti terjadi dalam setiap pembangunan, ada komunikasi enggak.

Hal-hal ini yang ingin dilakukan ulang,” katanya melanjutkan. Namun, Surya Tjandra mengungkapkan, Anies-Muhaimin berkomitmen akan membangun kawasan ekonomi baru.

RED

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *