Warga Magetan Diminta Waspada Pembobolan Rumah Saat Ditinggal Libur Nataru

Magetan || TAJUKONLINE – Warga Magetan diimbau untuk mewaspadai aksi pembobolan rumah kosong saat ditinggal liburan natal dan tahun baru 2024. Imbauan ini seiring dengan kasus kriminal pencurian di Magetan selama tahun 2023 yang mencapai 254 kasus.

Dari 254 kasus tersebut 226 diantaranya telah selesai ditangani oleh Satreskrim Polres Magetan. Kasus pencurian rumah kosong atau pembobolan kebanyakan dengan modus merusak kunci rumah.

“Untuk kriminal, total kasus yang dilaporkan sebanyak 254 kasus, 226 diantaranya sudah selesai ditangani. Mayoritas merupakan pencurian dengan pemberatan, pencurian biasa, dan penipuan. Masing-masing ada 47 kasus, 43 kasus dan 38 kasus,” ujar Kapolres Magetan AKBP Satria Permana saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (29/12/2023).

“Modus operandi untuk pencurian dengan pemberatan ini mayoritas merusak kunci rumah sekitar 30 kasus. Kemudian, mencuri kotak amal hingga mengambil mesin bajak sawah,” sambung Satria.

Satria mengatakan pihaknya menghimbau masyarakat yang ingin meninggalkan rumah untuk berlibur untuk izin ke RT setempat. “Jika memang rumah kosong lebih aman izin RT setempat,” papar Satria.

Dalam release anev tahun 2023 juga berlangsung pemusnahan barang bukti miras. Selain pemusnahan miras juga turut dihancurkan knalpot brong.

“Selanjutnya untuk tindak pidana ringan, 38,4 liter miras jenis arak Jowo yang disita kita dimusnahkan di Mako Polres Magetan. Kami juga menyita total 145 knlapot brong dan kami musnahkan juga,” tandas Satria.

GUS

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *