Perangkat Desa Dan Kades Se- Kabupaten Tuban Keluhkan Lambatnya Pencairan Siltap ADD

TUBAN || TAJUKONLINE – Sejumlah kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Tuban mengeluh karena Penghasilan Tetap (Siltap) dari Alokasi Dana Desa (ADD) belum kunjung cair. Terhitung dana Siltap ini sejak Januari hingga Mei 2024.

“Mulai Januari – Mei 2024 ini belum ada kabar baik terkait siltap ADD Untuk Perangkat Dan Kepala Desa Di wilayah Kabupaten Tuban, Keluh Salah Satu Kepala Desa Yang enggan di sebutkan Namanya Kepada Media ini.

“Tidak Hanya di Desa ini, Bahkan di desa-desa lain, istri-istri perangkat desa selalu menanyakan kepada kades terkait dana Siltap tersebut,” Tambahnya.

Ia menjelaskan, sebab rata-rata perangkat desa tidak memiiki pekerjaan lain kecuali jadi perangkat desa. Maka bisa dibayangkan bagaimana kesulitan keuangan keluarga perangkat desa dan Kepala Desa ketika dana Siltap belum cair hingga 5 bulan ini.

Bahkan menurutnya Dalam Bulan Puasa Kemarin Kepala Desa harus mencari Hutangan untuk memberikan Sekedar bingkisan lebaran kepada para perangkat Desa dan yang lainnya.

“Siltap ini kan bahasanya gaji yaa, ini sangat diharapkan perangkat desa khususnya kalau kades mungkin barangkali ada sumber lain, kalau perangkat desa kasihan sekali apalagi sudah berjalan sampai 5 bulan Siltap belum cair, bulan Puasa saja kemarin kita bingung mencari Pinjaman untuk Sekedar memberikan bingkisan lebaran kepada para perangkat Desa dan yang lainnya, memang tidak di wajibkan sih tapi itu sudah menjadi tradisi di Bulan Puasa Menjelang Hari Raya Idul Fitri, paparnya.

Ia menjelaskan bahwa besaran Siltap untuk kades senilai Rp. 3.5 juta rupiah, sedangkan untuk perangkat desa Rp. 2.200.000, agar dana Siltap tersebut segera dicairkan oleh Pemkab setempat.

“Sehingga permasalahan tidak berlarut-larut, dan tentu dana tersebut sangat diharapkan bagi kades dan perangkat desa,” Pungkasnya.

GONDRONG

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *