Tak Hanya Jago Perang, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro juga Pintar Berdayakan Masyarakat

BOJONEGORO || TAJUKONLINE – – Dalam rangka membangun kedekatan dengan masyarakat, personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro membantu warga Dusun Tawaran Desa Napis Kecamatan Tambakrejo membuat kerajinan tangan berupa tikar anyaman dari pandan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian TNI Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro kepada kreativitas masyarakat pedesaan diwilayah berlangsungnya program yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Sertu Wahyu Widodo, Rabu (29/5/2024), mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan program yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’ tersebut, anggota Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro tidak hanya mengerjakan sasaran fisik program saja seperti pembangunan jalan aspal, renovasi ruang kelas sekolah, pembangunan sarpras air bersih, rehab rumah tidak layak huni, serta rehab chek dam dan pembangunan pelindung tebing sungai.

Mereka, ratusan personel BKO dari 3 Matra Angkatan (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) ini juga melakukan pekerjaan non fisik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta guna menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan dan semangat gotong-royong demi tercapainya taraf kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan bersama warga seperti membuat kerajinan tangan yakni membuat tikar pandan untuk rasa kepedulian kita terhadap kearifan lokal dapat dirasakan oleh masyarakat setempat,” harap Sertu Wahyu Widodo.

Perbantuan ini, menurut Sertu Wahyu Widodo, juga sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi yang baik untuk masyarakat, menumbuhkan rasa kekeluargaan dan dapat menciptakan terjalinnya komunikasi yang baik.

“Harapan kami dapat terjalinnya hubungan yang baik dengan masyarakat sehingga komunikasi antara personel Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro dan warga bisa dibangun dengan rasa kekeluargaan sehingga terwujud kemanunggalan TNI dan rakyat yang semakin tangguh” tegasnya.

Ibu Parti (66), warga Dusun Tawaran Desa Napis, merasa senang dan memberikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro yang sudah berkenan meluangkan waktu membantunya.

“Terima kasih bapak TNI Satgas TMMD yang sudah membantu kami membuat tikar anyaman. Saran dan masukanya sangat positif dan bermanfaat sekali,” tuturnya.

(Pendim 0813)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *