Lilis Nuryani, Istri Mantan Bupati Yahya Fuad Resmi Diusung Nasdem di Pilkada Kebumen 2024

Lilis Nuryani saat menerima surat rekomendasi dari DPP Nasdem sebagai bakal Calon Bupati Kebumen pada Pilkada 2024. ( Foto Pikiran Rakyat Jateng / DPD Nasdem Kebumen)

TAJUKONLINE ∏ KEBUMEN – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kebumen 2024 akan diramaikan dengan ikut sertanya istri Mantan Bupati Kebumen Muhammad Yahya Fuad, Lilis Nuryani.

Lilis mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem untuk maju Pilkada yang akan digelar Rabu, 27 November 2024 mendatang.  Berdasarkan surat rekomendasi tersebut, Lilis akan maju sebagai calon Bupati Kebumen.

Bacaan Lainnya

Ketua DPD NasDem Kebumen, Faiz Alauddien Reza Mardhika yang juga putra dari pasangan Yahya Fuad dan Lilis Suryani membenarkan kabar tersebut.

“Alhamdulillah rekomendasi sudah kami terima atas nama Dra Hj Lilis Nuryani,” jelas Reza saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Kamis (6/6/2024).

dr Faiz Alauddien Reza Mardhika. ( Foto Facebook Faiz Alauddin Reza).

Terkait sosok yang akan mendampingi Lilis, dia mengaku belum ada saat ini.  “Saat ini rekom yang turun baru bupati mas,” ungkapnya.  Sementara saat ditanya koalisi di Pilkada, Reza masih enggan untuk menjawab.

“Nanti inshaAllah ada yang akan segera menyusul rekom-rekomnya dalam waktu dekat,” ucapnya. Dia mengatakan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan parpol lain untuk menjajaki kerja sama politik. Selain itu, kata dia, DPD Nasdem masih menyerap aspirasi masyarakat untuk pilkada mendatang.

Adapun surat rekomendasi tersebut diberikan langsung oleh sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Willy Aditya dan Ketua DPW NasDem Jateng Lestari Moerdijat didampingi pengurus DPP NasDem diantaranya Sugeng Suparwoto, Fadholi, dan Amelia Anggraini di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/6/2024).

Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto, mengatakan pemberian surat rekomendasi tersebut berdasarkan penjaringan dari tingkat daerah dan diplenokan di tingkat DPP.

“Nasdem sebagai partai terbuka kita ingin menjaring kader-kader atau tokoh-tokoh, calon-calon pemimpin daerah, yag pertama dipastikan insyaallah kader tersebut atau calon pemimpin tersebut memang tepat untuk daerah tersebut.” kata Sugeng Suparwoto dalam keterangan resminya Kamis (6/6/2024).

Sang Suami, Mantan Bupati Yahya Fuad Pernah Tersandung Kasus Korupsi

Sementara itu suami Lilis Nuryani, Yahya Fuad adalah bupati terpilih untuk periode 2015 -2020. Namun di tengah perjalanan, Yahya Fuad terpaksa diberhentikan tidak dengan hormat karena tersangkut kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mantan Bupati Kebumen nonaktif HM. Yahya Fuad. (Foto. Dok. Tajuk).

Sebagaimana diberitakan, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang menjatuhkan hukuman empat tahun penjara kepada Bupati Kebumen nonaktif waktu itu, Yahya Fuad yang terbukti menerima suap. Selain itu, terdakwa juga didenda sebesar Rp300 juta subsidair 4 bulan penjara.

“Mengadili, menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan,” kata Majelis Hakim yang diketuai Antonius Widijantono dalam amar putusannya di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (22/10/2018).

Majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sesuai dakwaan Pasal 12 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31/1999 yang telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Hakim juga menjatuhkan pidana tambahan kepada Yahya berupa berupa pencabutan hak politik selama 3 tahun terhitung sejak terdakwa selesai menjalani masa hukuman.

Dalam perkara ini, terdakwa terbukti menerima hadiah berupa uang dengan total kurang lebih Rp12 miliar dari sejumlah pengusaha atau kontraktor. Suap diterima melalui beberapa orang kepercayaan terdakwa, di antaranya Hojin Anshori dan Barli Halim. Mereka selanjutnya diperintah untuk mengumpulkan uang tersebut dan melaporkannya kepada terdakwa. (Puspo Tajuk).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *