Gatot Eddy Pramono, Dipercaya Menjabat Kapolda Metro Jaya setelah Sukses Mengawal Pilkada Serentak 2018

Irjen. Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si., Kapolda Metro Jaya. ( foto : arief tajuk )
Jurnalis Tajuk Online, Arief bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi. ( foto : arief tajuk )

http://tajukonline.com – (22/1/2019) Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Dr. Gatot Eddy Purnomo, MSi dipromosikan menjadi kepala Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Idham Azis. Keputusan tersebut diumumkan dalam surat telegram nomor ST/188/I/KEP/2019, tertanggal 22 Januari 2019.

Idham Azis yang mulanya sebagai Kapolda Metro Jaya diangkat menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Sementara Komjen Pol Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Kabareskrim dimutasi menjadi Kalemdik Polri.

Bacaan Lainnya

Gatot sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri. Gatot juga pernah berkutat sebagai staf ahli Sosial dan Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri.

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, ini diketahui memulai kariernya di kepolisian sebagai Kapolres Blitar. Ia juga pernah mendapat kesempatan menjadi Sespri Kapolri.

Lulusan Akpol 1988 ini kemudian menjadi Kapolres Metro Depok dan Kapolres Metro Jakarta Selatan pada 2008 dan 2009. Sementara di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Gatot pernah menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) pada 2011.

Ia kemudian ditarik ke Bareskrim Polri menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim pada 2012. Pria kelahiran 28 Juni 1965 ini selanjutnya menjabat sebagai Kabagdukminops Robinops Sops Polri.

Karir Gatot lantas melesat. Ia pernah menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan pada 2016. Belakangan, jenderal bintang dua ini dipercaya memimpin Satuan Tugas (Satgas) Nusantara yang dibentuk menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019.

Satgas Nusantara ini bertugas untuk mendinginkan suasana saat tensi politik sedang memanas selama tahapan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Satgas ini banyak menindak pelaku ujaran kebencian jelang pesta demokrasi. (arief tajuk)

Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika menjadi salah satu narasumber di Lemhanas. ( foto : arief tajuk )
Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika menjadi narasumber di PTIQ Jakarta. ( foto : arief tajuk )
Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika memberi taushiyah Kamtibmas dalam sebuah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Jakarta. ( foto : arief tajuk )

 

Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika menjadi narasumber pada pertemuan alim ulama di Aceh. ( foto : arief tajuk )
Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi bersama para ulama dan habaib dalam acara pengajian Majelis Rasulullah di Jakarta. ( foto : arief tajuk )
Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika menjadi narasumber di Universitas Djuanda Bogor. ( foto : arief tajuk )

 

Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi ketika memberi taushiyah Kamtibmas dalam pengajian Majelis Rasulullah di Jakarta. ( foto : arief tajuk )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *